Laman

Senin, 08 Agustus 2011

[Flash] Control Object Sederhana

Pertama tama buatlah sebuah objek sederhana, lingkaran, persegi atau semacamnya. Perhatikan gambar dibawah ini.




Kemudian Tekan F8 untuk memunculkan jendela Convert to symbol, terdapat graphic, movie clip, dan button. Kita pilih saja “movie clip”. Berilah nama objek sesuai keinginan anda.



Lalu pilih tab Properties di bagian bawah layar kerja. Klik Instance Name dan ubah menjadi “obj1” di instance name ini tidak diperbolehkan menggunakan spasi. Karena akan terjadi error pada saat menggunakan Action Editor.



Kemudian tekan F9 untuk memunculkan jendela Action Editor. Tulislah script di bawah ini. Ingat.!! Besar Kecilnya huruf dapat merubah sebuah fungsi di Action Editor ini, jadi harus teliti. Akan saya jelaskan, “obj1” itu adalah Instance name yg kita buat di objek tadi. “onEnterFrame = function() {“ ini adalah script untuk menambah fungsi objek. “if” adalah script perumpamaan. “Key.isDown“ ini adalah script untuk fungsi tombol, “Key.CONTROL” tombol yang akan difungsikan  (berarti tombol CTRL di keyboard) jika “Key.SPACE” (berarti tombol spasi di keyboard). “this._x
+= 12;” ini aksi yang akan dijalankan jika tombol ditekan, posisi sumbu X si objek ditambah 12 setiap tombol ditekan maupun ditahan. Ingat setiap penutupan aksi harus menggunakan “ } “ dan diteruskan dengan “ }; DAN JANGAN LUPA LETAKKAN SCRIPT INI DI FRAME DENGAN MENGKLIK FRAME DI TIMELINE.



Teneng Toneng, jadilah control sederhana pada objek render untuk melihat hasilnya.


Sumber : Admin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar