Laman

Senin, 08 Agustus 2011

[Blender+Gimp] UV Mapping

            Uv Mapping sangatlah dibutuhkan untuk mempercantik model. Disini saya akan memberikan sebuah tutorial untuk menyisipkan dan membuat texture sendiri. Pertama buka software blender anda.




Kemudian pindah ke Edit Mode tekan TAB, dan klik tombol “Egde Select Mode”.



Blok edge pada cube seperti gambar dibawah ini. Kemudian tekan CTRL + E, dan klik “MARK SEAM”.



Kemudian Klik kanan garis antara window menu dengan viewport, maka munculah sebuah tab untuk membelah 2 view area atau lebih. Pilih Split Area.

 

Maka jadilah seperti ini, tampilan di split menjadi dua. Ganti Window Type pada window sebelah kanan menjadi UV image Editor.



Kemudian klik objek cubenya, blok semua edge yang ada dengan menekan “A” . dan tekan “U” dan pilih “Unwrap”.



Dan pilih menu “Uv’s” cari menu “script” kemudian klik “Save UV face Layout”. Dan simpan file TGAnya (TGA / targa adalah format gambar).



Pilih lokasi filenya.




Kemudian buka software GIMP anda untuk membuat texture boxnya. Dan bukalah file TGA yang anda simpan tadi. Dan jadilah seperti ini.



Warnailah kotak tersebut sesuai dengan keinginan anda.



Setelah selesai, save as gambar ganti formatnya menjadi PNG. Dan save.


Buka kembali file blender anda, dan pilih menu Image pada UV window dan pilih open, cari file PNG yang anda warnai.





Setelah dibuka file gambarnya, ganti DRAW TYPE menjadi TEXTURED untuk melihat hasil texture yang anda buat. Tetapi jangan dirender terlebih dahulu, jika dirender maka tidak muncul gambarnya.




Sebelum dirender kita harus menyetel materialnya. Tekan F5 untuk menampilkan tab material editor. Atau klik icon bola berwarna abu - abu disamping “Panels” kemudian pilih “Map Input” dan klik tombol “UV”.




Lalu klik texture button atau tekan F6, kemudian pilih ”image” pada “Texture Type”. Load image PNG yang anda pakai pada UV Image Editor. Klik SELECT IMAGE.




Kemudian Tekan F12 untuk Merender. Jadilah seperti ini.


Sumber : Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar